Berita & Informasi SekolahKegiatan Belajar Siswa & Siswi

Field Trip: Goes to Fatahillah Museum and Ancol Beach, 2022

"Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan dan Bentangan Garis Pantai."

Field Trip: Goes to Fatahillah Museum and Ancol Beach

Pada 20 Oktober 2022 kelas VII SMP IT Insan Harapan Tangerang Selatan mengadakan field trip ke luar kota. Field trip atau tamasya sambil belajar merupakan perjalanan sekelompok siswa ke suatu tempat yang jauh dari lingkungan sekolahnya. Field trip biasa dilakukan untuk siswa seperti yang terjadi di beberapa sistem sekolah, di antaranya Inggris, Australia, Selandia Baru, Irlandia dan Bangladesh. Field Trip tahun ini mengusung tema “Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan dan Bentangan Garis Pantai.”

Field trip angkatan 19 inhar ini bertempat di Museum Fatahillah dan Pantai Ancol Jakarta Utara. Anak-anak kelas VII berangkat dari sekolah pukul 06.00 WIB menuju Museum Fatahillah. Sampai di Museum Fatahillah pada pukul 10.00 WIB kami langsung melaksanakan shalat Dhuha di masjid dekat museum. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi Museum Fatahillah sambil belajar sejarah bangsa Indonesia bersama.

Sebagaimana kita tahu, Museum Fatahillah memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1, Jakarta Barat, dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi. Bangunan ini dahulu merupakan Balai Kota Batavia (Bahasa BelandaStadhuis van Batavia) yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jenderal Joan van Hoorn.

Bangunan ini menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. Pada tanggal 30 Maret 1974, bangunan ini kemudian diresmikan oleh bapak Ali Sadikin sebagai Museum Sejarah Jakarta. Setelah kita tahu, ternyata Museum Fatahillah sudah berumur 48 tahun sejak diresmikan oleh Ali Sadikin.

Setelah puas belajar dan mengamati benda-benda bersejarah di Museum Fatahillah, kami melanjutkan perjalanan selanjutnya menuju Pantai Ancol di Jakarta Utara. Kami tiba di area pantai bersamaan beberapa menit sebelum azan Zuhur berkumandang. Setelah makan siang, kami melaksanakan shalat Zuhur berjamaah di mushola pinggir pantai. Setelah shalat, kami menikmati pemandangan indah pantai Ancol dengan hati gembira. Seluruh siwa tampak bahagia karena bisa menikmati sejuknya air laut. Setelah puas bermain air, kami pulang ke Tangerang Selatan pada sore hari. Selain belajar, kami juga bisa merasakan indahnya kebersamaan yang terjalin dalam satu keluarga angkatan inhar 19. Masya Allah.

SMP IT Insan Harapan

SMP IT Insan Harapan hadir sebagai ikhtiar untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi fitrah peserta didik yang kompetitif, yaitu memiliki keunggulan guna menghadapi segala tantangan ke depan